Selasa, 14 April 2020

Aku dan Kampung Halaman

SKPC SP.2 DESA MAIT HILIR

    Itulah sebuah nama tempat yang terlihat unik dan bikin orang bertanya-tanya. SKPC itu apa ? Entahlah saya sendiri juga tidak tahu sampai saat ini. Yang pasti bahwa nama itu adalah sebuah pemukiman transmigrasi yang dibuat awal tahun 1982.
   Nah disinilah awal saya berada di Kalimantan Barat mengikuti program Transmigrasi. Terus terang karena latar belakang kelhidupan orangtua saya adalah keluarga tidak mampu. Maka dari kami mencoba hijrah dari Jawa Tengah menuju Kalimantan Barat tepatnya di Kabupaten Sintang sampai saat ini. 
      Sebagai gambaran saja bahwa awal tahun 1982 kehidupan kami masih mengandalkan bercocok tanam seperti menanam padi dan sayur mayur. Namun tidak bisa panen karena masih terdapat hewan-hewan liar yang masih berkeliaran.
    Hari berganti hari, tahun pun berganti tahun dan pada akhirnya sekarng daerah saya berubah menjadi area kebun karet unggul yang hampir seluruh warga desa kami bermata pencaharian sebagai petani karet.
Disinilah saya memulai berprofesi sebagai Guru SD yang jauh dari keramain kota. Dengan berbekal ilmu seadanya dan hanya tamatan SPG saya mencoba untuk belajar dan berbagi dengan anak-anak didesa yang masih dibilang jauh dari kat maju. Semoga kedepan Desa ini bisa semakin berkembang dan mampu mengikuti perkembangan jaman. Semoga !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar