Kamis, 16 April 2020

Materi

Materi Ajar
Kelas 6 Tema 6 sub tema 1 Masyarakat Peduli Lingkungan

Dalam rangkuman ini terdapat rangkuman dari tema 6 subtema 1, yang terdiri atas muatan PKN, Bahasa Indonesia, IPS, IPA, dan SBdP. Selamat membaca....

PKN

1. Dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung artinya ketika berada disuatu tempat, kita harus mengikuti atau menghormati kebiasaan dan adat istiadat tempat tersebut.



2. Contoh kegiatan dilingkungan tempat tinggal kita melaksanakan kegiatan siskamling, menjaga keamanan lingkungan, dan mematuhi peraturan yang ada di lingkungan.

3. Mematuhi peraturan yang ada di lingkungan sekolah seperti memakai seragam sekolah sesuai ketentuan, tiba di sekolah sebelum bel tanda masuk berbunyi, menjaga ketenangan dan ketertiban di lingkungan sekolah, serta membuang sampah di tempat sampah.


4. Proklamasi berasal dari kata “proclamatio”, (dari bahasa Yunani), yang memiliki arti ‘pengumuman resmi kepada seluruh rakyat’. Pengumuman yang dimaksud adalah pengumuman yang berhubungan dengan ketatanegaraan.

5. Proklamasi kemerdekaan juga memiliki makna yang lain, di antaranya sebagai berikut.

a. Proklamasi sebagai puncak perjuangan bangsa Indonesia.

b. Proklamasi sebagai awal terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

c. Proklamasi kemerdekaan sebagai titik tolak perubahan hukum kolonial

menjadi hukum nasional.

d. Proklamasi menjadi pintu gerbang menuju masyarakat yang adil dan makmur.

6. Bangsa Indonesia memiliki kewajiban untuk mempertahankan kemerdekaan dan mengisi kemerdekaan yang telah diraih, dengan cara meningkatkan taraf kehidupan bangsanya, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia.

7. Proklamasi kemerdekaan dapat dijadikan jembatan emas bagi bangsa Indonesia menuju masyarakat yang sejahtera, adil, dan makmur.

8. Bunyi pasal 31 ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yaitu “Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya”

9. Upaya pemerintah dalam mencerdaskan bangsa antara lain mewajibkan warga negara untuk mengikuti pendidikan dasar 9 tahun, memperbaiki fasilitas pendidikan misalnya memperbaiki gedung-gedung sekolah yang rusak, memberikan bantuan buku gratis, dan menyediakan pengajar-pengajar atau guru yang profesional

10. Kemerdekaan Indonesia merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa yang harus disyukuri.

B. Indonesia

11. Judul teks memiliki kata-kata penting yang mencerminkan informasi dari dalam teks

12. Poster adalah plakat yang dipasang di tempat-tempat umum. Poster umumnya berisi gambar, pesan, atau informasi tentang suatu topik bagi para pembacanya. Apabila informasi atau gambar pada poster mudah dipahami oleh pembaca, maka poster tersebut dapat dikatakan baik dan informatif.

13. Poster banyak dijumpai di tempat-tempat umum yang strategis. Contohnya di rumah sakit, puskesmas, sekolah, kantor, atau pusat-pusat perbelanjaan.

14. Unsur-unsur yang harus diperhatikan dalam pembuatan poster.

a. Judul, Judul poster harus singkat, padat, dan jelas.

b. Informasi (Isi), isi poster berisi penjelasan tentang judul poster.

c. Gambar, gambar membuat poster menjadi lebih menarik.

d. Sumber (Daftar Pustaka), Informasi dan gambar yang digunakan dalam pembuatan poster dapat berasal dari berbagai sumber.

15. Ikut melestarikan adat dan budaya di lingkungan tempat tinggal merupakan kewajiban setiap warga masyarakat, termasuk kamu.

IPS

16. Campuran sampah dapur dan sampah kebun dari warga kemudian diolah menjadi kompos.

17. Sampah organik adalah sampah yang berasal dari sisa makhluk hidup yang terdapat di alam seperti tumbuhan dan hewan serta berbagai hasil olahannya sehingga dapat terurai secara alami

18. sampah anorganik yaitu sampah yang tidak akan dapat terurai oleh bakteri secara alami. Beberapa contoh sampah anorganik adalah sampah-sampah plastik yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti botol kemasan plastik, botol kaca, besi, serta barang tak terpakai lainnya.

19. Sampah anorganik, juga dikumpulkan warga untuk diolah menjadi aneka kerajinan yang bernilai jual. Vas bunga, alas gelas, dompet, serta tas dirangkai cantik dari aneka botol plastik dan kemasan bekas.

20. Bank sampah, sebagai tempat menyetorkan sampah an organic. Selain mengurangi tumpukan sampah, warga pun senang karena memperoleh manfaat dan keuntungan berupa uang dari sampah yang dihasilkannya

21. Kegiatan pecinta alam untuk menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan di antaranya seperti berikut.

a. Kegiatan reboisasi di lahan gundul.

b. Pengadaan tempat pembuangan sampah secara bersama-sama.

c. Penanaman pohon di sekitar pekarangan rumah.

d. Berhemat air dalam kegiatan sehari-hari.

IPA

22. Pertumbuhan adalah proses perubahan volume, ukuran, bentuk, dan fungsi pada makhuk hidup. Pada manusia ditandai dengan bertambhnya tinggi, besar dan berat. Diukur dengan angka (kuantitatif)

23. Perkembangan berkaitan dengan pertambahan kemampuan Makhuk hidup. Perkembangan pada manusia adalah bergerak, berbicara, berpikir.

24. Masa remaja adalah masa penyesuaian dari masa awal anak-anak hingga masa awal dewasa. Masa remaja awal kira-kira masuk pada usia 10 hingga12 tahun. Masa remaja berakhir kira-kira pada usia 18 hingga 22 tahun. Pada perkembangan ini, pencapaian kemandirian dan identitas anak sangat Menonjol.

25. Masa remaja adalah masa memasuki pubertas

26. Pubertas pada anak perempuan umumnya terjadi lebih dahulu daripada anak laki-laki. Pubertas anak perempuan pada umumnya terjadi antara usia 10-15 tahun.

27. Tahapan kehidupan manusia

a. Masa prakelahiran masa penuh potensi

b. Masa kelahiran hingga batita (bawah tiga tahun) masa harap dan semangat

c. Masa Anak-anak hingga remaja

d. Masa remaja

e. Masa dewasa hingga tua

f. Masa tua



SBDP

28. Interval adalah sebuah jangka ( langkah) dari nada ke nada lainnya. Jangka tersebut mempunyai nama tertentu yang disebut nama pangkat. Sebagai contoh jangka c’ ke d’ dalam tangga nada C mayor, d’ adalah langkah kedua.

29. Langkah kedua mempunyai nada pangkat secondo.

30. Interval selalu dibatasi oleh dua nada. Nada pertama disebut nada pangkal, nada kedua disebut nada selang. Sebagai contoh jika dalam tangga nada C mayor, nada c’ kita tetapkan sebagai nada pangkal,

31. Berdasarkan cara memainkannya interval dibagi menjadi dua, yaitu interval harmonis dan interval melodis. Interval harmonis adalah dua nada yang dibunyikan secara bersama.

32. Interval melodis adalah dua nada yang dibunyikan secara bergantian.

33. Interval melodis terdiri atas interval dari nada rendah ke nada tinggi (ascending interval ) dan interval dari nada tinggi ke nada rendah descending interval)

34. Melodi yang baik adalah melodi yang mempunyai interval terjangkau oleh alat musik atau suara manusia. Berdasarkan bunyi yang kita dengar, interval memiliki ciri-ciri bunyi sebagai berikut.

a. Interval prim ( “prime”), Interval prim hanya terdengar satu nada sehingga terdengar nyaman, contohnya do saja.

b. Interval sekon (“secondo”), Sekon terdiri atas sekon besar dan sekon kecil. Interval sekon terdengar kurang nyaman, contohnya do-re dan si-do bila dinyanyikan atau dibunyikan serempak,

c. Interval terts, terts besar maupun kecil nyaman didengar pula (konsonan sempurna)(do-mi).

d. Interval kuart, kuart murni sesalu nyaman didengar (konsonan sempurna) (do-fa).

e. Interval kuint, kuint murni terdengar nyaman (konsonan sempurna), kuint berlebih terdengar bagus, kuint berkurang terdengar kurang nyaman (dosol).

f. Interval sekst, sekst besar maupun kecil terdengar nyaman (do-la).

g. Interval septim, biasanya terdengar kurang nyaman (do-si).

h. Interval oktaf, oktaf murni terdengar nyaman (do-do)’.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar